Beginilah Cara Mengetahui Nomor Virtual Account

Beginilah Cara Mengetahui Nomor Virtual Account

Untuk anda semua yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan pastinya sudah tau dengan nama virtual account ini. Akan tetapi, untuk orang yang belum mendaftar mungkin banyak yang belum mengenal dan mengerti tentang virtual account. Nomor Virtual Account BPJS kesehatan yang juga banyak dikenal dengan sebutan sebagai VA keluarga merupakan sebuah nomor referensi yang wajib dipakai oleh para peserta di dalam membayar iuran pertama bpjs kesehatan. Nomor virtual account ini pada umumnya akan diberikan langsung sesudah proses pendaftaran tersebt dinyatakan selesai. Kemudian sesudah nomor VA diterima, biasanya para peserta sebaiknya melakukan pembayaran iuran pertama setelah 14 hari hingga 30 hari sejak nomor VA itu telah anda terima.

Sistem pemberian nomor via sekarang ini juga sudah lain dengan sebelumnya. Apabila sebelumnya nomor virtual account langsung diberikan ketika proses pendaftaran selesai dilakukan, akan tetapi sekarang ini nomor VA dikirim melalui SMS pada nomor hp yang dipakai pada waktu anda semua melakukan pendaftaran. Entah itu untuk pendaftaran dilakukan secara offline di kantor bpjs kesehatan maupun yang dilakukan secara online. Mengenai nomor virtual account ini ada satu permasalahan yang kerap dirasakan oleh peserta yang baru pertama kali melakukan pendaftaran. Diantaranya nomer virtual account belum juga diterima padahal sudah lebih dari 3 hari sesudah proses pendaftaran.

Penyebab No VA Tidak Segera Diterima

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatlan SMS yang berisi nomor VA tidak kunjung diterima. Bisa disebabkan karena nomor hp yang dipakai pada saat melakukan pendaftaran tidak sedang dalam keadaan aktif atau sudah tidak aktif lagi. Bisa juga disebabkan oleh sistem bpjs yang mengalami gangguan. Dengan demikian, nomor VA tidak bisa dikirim lewat SMS pada waktu yang tepat. Yang harus anda tahu, apabila nomor virtual account  BPJS tidak kunjung diterima sesudah anda melakukan pendaftaran, maka anda sebaiknya harus segera melakukan usaha untuk memperoleh nomor virtual account tersebut. Sebab, apabila terlalu lama dibiarkan, anda akan terkena hambatan untuk melakukan pembayaran iuran pertama. Dengan demikian kartu bpjs anda tidak akan bisa dicetak.

Cara Mengetahui Nomor Virtual Account

Nomor virtual account BPJS ini termasuk nomor dari kombinasi kode 5 angka. Yang mana sesuai dengan bank yang digunakan peserta, yaitu BRI, BNI atau Bank Mandiri.  Untuk anda semua yang merupakan pengguna BRI dan BNI, kode yang dipakai yaitu 88888-0 . Lalu untuk pengguna Bank Mandiri kode yang dipakai yaitu 89888-0 ditambahkan dengan 10 digit dari belakang nomor kartu BPJS yang tiap – tiap peserta miliki. Sebaiknya peserta selalu ingat dan mencatat nomor virtual account. Sebab, akan dipakai setiap bulannya guna membayar iuran BPJS. Akan tetapi, apabila terjadi hal-hal diluar dugaan yang menjadikan peserta kehilangan catatan atau lupa nomor virtual account, saat ini ada dua cara dalam mengetahui nomor virtual account bpjs anda. Cara pertama yaitu dengan menggambungkan antara kode bank dan 10 digit terakhir dari nomor kartu BPJS. Kemudian, untuk cara yang kedua yaitu dengan cara menginstall aplikasi BPJS Kesehatan mobile yang ada di smartphone anda. Sebab, di dalam aplikasi tersebut anda dapat melihat nomor virtual anda dengan cara login ke akun BPJS anda semua dengan dan pilih “Menu Tagihan”. Setelah itu anda akan melihat pilihan “Cek VA”. Sesudah itu anda pilih klik pilihan tersebut, nomor virtual account bpjs anda akan muncul dan juga dengan jumlah tagiihan yang sebaiknya anda bayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*