Pemasaran produk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain offline, pemasaran produk juga bisa dilakukan secara online. Dengan anda gencar melakukan pemasaran, anda bisa membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan pemasaran yang efektif akan meningkatkan angka penjualan. Maka dari itu, pastikan anda mengetahui dan mempraktekkan apa saja strategi pemasaran produk yang baik dan efektif.

Strategi Pemasaran Produk Online

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan ulasan mengenai beberapa strategi pemasaran produk secara online selengkapnya untuk anda.

1. Affiliate Marketing

Bagi anda yang menjalankan usaha bersama pebisnis lain, anda bisa coba melancarkan strategi affiliate marketing. Nantinya keuntungan yang anda dapatkan bisa dibagi sesuai kesepakatan. Misalnya saja, anda bekerja sama dengan blogger. Dalam hal ini, anda bisa membuat suatu URL yang nantinya dimasukkan ke dalam artikel yang ditulis oleh blogger. Ketika URL tersebut diklik, maka pengunjung akan dibawa ke website yang menjual produk anda. Pengunjung yang melakukan pembelian tentu saja akan memberikan keuntungan kepada anda.

2. Email Marketing

Pemasaran produk secara online yang juga bisa anda coba lainnya ialah email marketing. Apabila anda ingin memasarkan produk dengan email marketing, anda perlu menyusun beberapa trik guna memikat hati pelanggan. Strategi pemasaran secara online dengan layanan ini terbukti memberikan respon yang baik. Strategi pemasaran yang satu ini akan memberikan manfaat yang lebih beragam apabila diterapkan pada UKM.

3. Content Marketing

Strategi pemasaran online lainnya yang tak boleh anda lewatkan ialah content marketing. Perlu diketahui, content marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat teks yang baik. Pastikan anda membuat teks yang bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan. Strategi content marketing yang satu ini bisa anda jalankan pada deskripsi postingan di akun Instagram, YouTube, Facebook dan masih banyak lainnya.

4. Social Media Marketing

Anda juga bisa melakukan pemasaran dengan bantuan media sosial. Mengenai hasil yang didapat, anda tak perlu meragukan lagi. Pemasaran yang anda lakukan dengan media sosial ini bisa memberikan lebih banyak keuntungan apabila anda tepat dalam memilih platform media sosial. Untuk itu, pastikan anda memilih platform media sosial yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Supaya calon pelanggan merasa lebih tertarik dengan produk yang anda jual, pastikan anda menambahkan content marketing yang menarik.

5. Situs Penyedia Iklan

Situs penyedia iklan juga bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk secara online. Adapun situs penyedia iklan tersebut diantaranya yaitu Google Adwords, SEO, Instagram Ads, Facebook Ads dan masih banyak lainnya. Dengan situs penyedia iklan ini, pemasaran akan berjalan lebih efektif dan optimal. Angka penjualan produk yang anda tawarkan pun dijamin meningkat.

6. Search Engine Marketing (SEM)

SEARCH ENGINE MARKETING CONCEPT

Strategi pemasaran online yang satu ini memanfaatkan search engine Google. Teknik pemasaran ini bisa dilakukan apabila anda memiliki budget lebih. Hal ini dikarenakan untuk menggunakan SEM tidaklah gratis. Meski berbayar, SEM mampu memunculkan bisnis anda di halaman 1 Google secara mudah.

7. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pemasaran produk secara online lainnya ialah SEO. Berbeda dengan SEM, anda bisa gunakan SEO secara gratis. Untuk memanfaatkannya, anda bisa membuat konten dan melakukan optimasi SEO. Dengan konten yang berkualitas, produk anda akan diminati oleh banyak pelanggan. Dengan begitu, anda bisa meningkatkan angka penjualan produk sekaligus merasakan keuntungan dari strategi pemasaran ini. Pastikan anda tak melewatkan strategi ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *